Dr. Deny Setiawan: Perkuat Idiologi Negara dengan Nilai Lokal

Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Serambi Mekkah, menyelenggarakan kuliah umum dengan mengusung tema sejarah lokal sebagai pendidikan kebangsaan di Aula RKU MR. DR. Muhammad Hasan, Batoh, Sabtu (25/ 11).

Kuliah umum yang dipandu oleh Muhammad Nur, M. Pd dengan pemateri kunci, Dr. Deny Setiawan, M. Si dari UNIMED ini, dihadiri oleh, Rektor III Universitas Serambi Mekkah, Jalaluddin, M. Pd, Wakil Dekan I FKIP, M. Ridwan, M. Pd, Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi, Dr. Muslem Daood, M. Ed dan Prof. Dr. Yetty Rochwulaningsih, M. Si dari UNDIP

Mujiburahman, M. Hum, Ka. Prodi Pendidikan Sejarah USM dalam sambutannya menyampaikan, kuliah umum ini bertujuan untuk melihat sejarah lokal sebagai pendidikan kebangsaan. Menurut Mujiburahman, sejarah lokal berperan penting dalam membagun karakter bangsa.

Dr. Deny Setiawan, M. Si sebagai pembicara kunci dalam pemaparannya menyampaikan, saat ini sejarah hampir tidak terdegar lagi. Bahkan, menurutnya, orang-orang sejarah sudah kehilangan kesejarahannya.

Peryataan ini bukan tidak beralasan ,mengigat nilai-nilai sejarah bangsa sudah mulai dilupakan generasi muda sekarang.

“Kita sekarang kehilangan sejarah kebangsaan, semakin cerdas orangnya semakin tidak nasionalis, anak-anak muda sekarang semakin kapitalis, mereka tidak suka lagi dengan nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

Untuk itu Dr. Deny Setiawan mengigatkan generasi muda untuk menguatkan idiologi negara melalui nilai-nilai lokal. Dijelaskan, generasi sekarang perlu memperkuat kemampuan intelektual, sikap dan tindakan agar bangsa ini terselamatkan dari keruntuhan.

“Sebagai contoh, bagaimana Uni Soviet bisa runtuh dikarenakan idiologinya rapuh,” pungkas Dr. Deny Setiawan, M. Si.

Sumber: https://www.pikiranmerdeka.co/news/dr-deny-setiawan-perkuat-idiologi-negara-dengan-nilai-lokal/?amp_markup=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *